Buku catatan pengeluaran anak

Salah satu kebiasaan kami adalah mencatat setiap pengeluaran harian dan bulanan. Hal ini juga dilakukan oleh anak kami yang sulung, yang sekarang duduk di bangku SMP kelas 1, terutama ketika tinggal di Leicester tahun lalu. Setiap minggu dia menerima uang saku sebesar £10 – £15 untuk ongkos bis dan terkadang makan siang di kantin, ketika tidak sempat membawa bekal dari rumah. Berikut catatan yang ada dalam buku kas Layyina.

Buku kasnya cukup yang murah saja, yang penting praktis dibawa dan mudah digunakan.

DSC_9842

Buku kas £0.69 yang sudah lusuh

Kolomnya memadai; ada ‘Reason’ atau pengeluaran, ‘The money before’ atau saldo awal, dan ‘the total’ atau saldo akhir. Layyin membuat sendiri istilah yang mudah dia pahami.

DSC_9845

Jurnal halaman pertama

Setelah beberapa lama, buku kas pun akan kelihatan penuh.

Cashbook1

Buku kas yang mulai penuh

 

Buku kas ini sangat besar manfaatnya bagi kami. Pertama anak-anak bisa belajar mencatat setiap uang yang dibelanjakannya, sebagai alat untuk mengelola budget yang baik. Selain itu, dan yang paling penting, mereka belajar bertanggungjawab (accountability) atas penggunaan uang yang mereka terima.***

 

3 thoughts on “Buku catatan pengeluaran anak

  1. Pingback: Pasangan Muda, Ini Resep Mujarab Untuk Mengatur Keuangan Rumah Tanggamu Nantinya - Avatar IT

    • Alhamdulillah, Isni memang sudah harus kelola uang mamak dan ayah di gampong, kwatir ga muat lagi di rekening. 🙂 InsyaAllah amin.

Leave a comment