Sinopsis Buku Sakinah Finance

Cov_sakina OKESakinah Finance merupakan buku yang ditulis dengan bahasa yang ringan dan menarik. Buku ini ditulis dalam sembilan bab, yang terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama merupakan pengantar yang dibagi menjadi dua bab; bab pertama memperkenalkan prinsip dasar mewujudkan sakinah (ketenangan) finansial dalam keuarga, serta bab kedua menjelaskan pentingnya pengelolaan dan perencanaan keuangan bagi sebuah keluarga.

Bagian kedua merupakan intisari dari buku ini, yang disajikan dalam lima bab, dimana masing-masing bab mengupas setiap aspek pengelolaan keuangan keluarga Islami secara lugas dan mudah dipahami. Kelima bab dalam bagian ini adalah sebagai berikut:

  1. Pendapatan Keluarga (Managing Income)
  2. Kebutuhan Keluarga (Managing Needs)
  3. Impian Keluarga (Managing Dreams)
  4. Surplus dan Defisit (Managing Surplus/Deficit), dan
  5. Ketidakpastian (Managing Contingencies).

Bagian ketiga dari buku Sakinah Finance merupakan penjelasan praktis dengan contoh-contoh dalam mengaplikasikan semua aspek pengelolaan keuangan yang sudah dibahas sebelumnya. Bab 8 memberikan panduan tentang bagaimana melalui tahapan perencanaan keuangan dengan bantuan tools yang telah penulis gunakan sendiri. Sementara Bab 9 merupakan penerapan praktis berbagai persoalan keuangan yang diambil dari rubrik konsultasi keuangan keluarga yang diasuh penulis di Harian Radar, Bogor.

Secara keseluruhan, masing-masing bab mengusung satu tema utama dan secara konsisten digunakan oleh penulis, yaitu racikan teori dan praktik yang serasi. Semua bab dalam buku ini dibahas dengan menggunakan prinsip manajemen keuangan syariah yang mempunyai landasan teoritis yang kuat, dan kemudian dilengkapi dengan banyak sekali contoh-contoh praktis berdasarkan pengalaman keluarga penulis selama lebih dari 14 tahun.

Prinsip syariah yang digunakan adalah maqasid syariah, yaitu hal-hal yang menjadi tujuan utama (higher objectives) dari diberlakukannya atau ditetapkannya suatu ketentuan syariah (agama). Maqasid mewarnai pembahasan terhadap berbagai aspek perencanaan keuangan keluarga, baik ketika mengelola pendapatan (income), mengatur belanja keperluan (needs), merencanakan impian (dreams/wants), mengatur surplus atau defisit, serta mempersiapkan data emergensi.

Secara sederhana, penulis ingin menyampaikan bahwa kelima komponen manajemen keuangan keluarga harus mampu memenuhi lima aspek umum yang ada dalam maqasid; yaitu harus mampu melindungi: a) agama-keyakinan yang dianut, b) nyawa atau kehidupan didunia, c) anak keturunan, d) perangkat intelektual dan ilmu yang dikuasai, dan e) harta benda yang dimiliki.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting dalam proses diatas adalah menentukan dan mematuhi ketentuan prioritas atau jenjang keperluan dalam keuangan keluarga. Setiap pendapatan yang kita miliki harus dikelola sesuai prioritas, baik itu primer (secara umum bisa diartikan sebagai dharuriyyat), sekunder (hajiyyat) maupun tersier (tahsiniyyat).

Terakhir, yang menjadi penekanan utama dalam buku ini adalah penerapan langsung atau aplikasi yang mudah dan praktis. Oleh karena itu buku Sakinah Finance cukup dibaca sekali, namun semua contoh dan pengalaman penulis yang kiranya relevan dengan kondisi pembaca harus segera diaplikasikan. Sebagai panduan, dua bab terakhir dalam buku ini secara khusus mengupas tips dan panduan praktis yang mudah dilaksanakan dalam proses merencanakan atau mengelola keuangan keluarga pembaca.

Dengan ketelitian dan kedisiplinan, insya Allah buku ini akan mengantarkan pembaca ke gerbang ketenangan keuangan keluarga, yang pada akhirnya mudah-mudahan akan menjadi pemicu ketenangan lahir batin yang diidamkan dalam kehidupan keluarga kita semua.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s