Apa Manfaat Pencatatan Cash Flow?

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, 

SAYA tanya bagaimana menghilangkan rasa malas membuat cash flow. Saya memiliki usaha warung kelontong, saking banyaknya item yang saya jual, saya jadi malas untuk membikin pembukuan. Jadi saya tdk tahu keuntungan yang saya dapat selama ini. Kelihatannya kok kalau dibikin cash flow hasilnya defisit terus. Mohon penjelasannya. Jazakallah khairan. Wassalamu’alaikum.

hermawan.vanilla@yahoo.com

Yth. Bapak Hermawan,

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

Iya, memang hal catat mencatat ini sangat membosankan bagi sebagian orang. Saya dan suami yang sama-sama aktif mengembangkan forum Sakinah Finance ini sudah mulai mencatat pengeluaran dan penerimaan sejak 15 tahun yang lalu, meski ada kalanya kami malas mencatat dan membahasnya.

Namun biasanya setelah berapa lama, kami cepat-cepat merapikan kembali catatan yang kosong dari semua struk belanja/bukti yang ada. Begitu juga anak-anak, sudah kami biasakan mencatat pemasukan dan pengeluaran uangnya setiap hari, termasuk perhitungan bisnis kecil-kecilan mereka dari sejak usia awal masuk SD; semangatnya memang turun naik, namun dengan saling mengingatkan akan jadi kebiasaan yang baik dan bermanfaat.

Intinya, perlu saling mengingatkan manfaat catat mencatat itu seperti mengawal keinginan belanja, melatih disiplin, mengklarifikasi keuangan masa lalu yang mungkin terungkit dan terkait dengan permasalahan yang dihadapi sekarang. Dalam Surat Al-Baqarah (2): 282, ayat madaniah ini mengingatkan kita untuk senantiasa mencatat transaksi muamalah, terutama yang bersifat hutang piutang.

Menurut asbabun-nuzul, ayat ini turun ketika Rasulullah SAW pertama kali datang ke Madinah dan menyaksikan kebiasaan penduduk Madinah yang menyewakan lahan kebun mereka kepada sesama mereka, dengan jangka waktu satu hingga tiga bulan. Melihat hal itu, Rasulullah bersabda, “Siapa saja yang menyewakan sesuatu kepada yang lain, hendaklah dengan harga tertentu dan jangka waktu yang disepakati untuk ditentukan pula.” Berkaitan dengan ini Allah menurunkan ayat ini sebagai ajaran bagi kaum Muslimin agar tidak terjebak ke dalam persengketaan (HR. Bukhari dari Ibnu Abbas). Subhanallah!

Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar juz 3 menuliskan pentingnya ayat ini supaya kita terelakkan dari sengketa, karena dasar bertransaksi yang saling mempercayai tidak akan memadai jika tidak dilengkapi dengan bukti tertulis. Seperti kita pahami, banyak sengketa yang terjadi diantara di masyarakat dikarenakan banyaknya transaksi yang tidak dilengkapi dengan bukti yang jelas dan akurat, baik dalam hal perdagangan maupun urusan warisan. Dalam transaksi kontan sekalipun, walaupun tidak mengapa jika kita tidak mencatatnya, Buya Hamka menekankan bahwa jika dicatat adalah sesuatu yang terpuji.

Jadi, menurut kami, pencatatan cashflow untuk bisnis Bapak juga akan sangat bermanfaat. Diantara manfaatnnya adalah mengetahui keuntungan (atau kerugian) secara akurat, memudahkan dalam menghitung kewajiban zakat yang harus dikeluarkan, memastikan hutang piutang yang ada sehingga tidak ada permasalahan ketika harus ditagih atau menagih di masa yang akan datang, juga menjadikan semangat baru untuk menyusun strategi bagaimana supaya bisnis klontongan Bapak dapat diperbesar lagi. Majunya bisnis modern saat ini salah satunya adalah terletak dalam administrasi pencatatan yang rapi. Kelak jika Bapak memerlukan modal yang lebih besar, tentunya mitra Bapak atau bank syariah akan mudah memproses kelayakan bisnis dari arsip pencatatan bisnis Bapak yang sudah dilakukan.

Untuk bisnis klontongan yang banyak sekali jenisnya tidak perlu dirinci satu-satu stok barang dan jumlah barang yang laku atau diretur, kecuali kalau skalanya sudah cukup besar dan ada teknologi yang Bapak pakai seperti mesin register (point of sales) yang dapat dijumpai di banyak mini market sekitar kita. Menurut hemat kami, cara pencatatannya adalah sebagai berikut:

1. Dicatat berapa uang dari hasil penjualan setiap hari dari tanggal 1 hingga tanggal akhir bulan tersebut misalnya tanggal 30.

2. Dicatat uang keluar baik untuk pembelian barang baru atau pengeluaran biaya-biaya.

3. Untuk menghitung keuntungan, jumlahkan hasil penjualan harian tersebut dalam satu bulan kemudian dikurangi dengan jumlah seluruh nota pembelian pada bulan tersebut.

4. Jumlahnya menjadi keuntungan kasar. Kalau defisit, keuntungan kemungkinan ada dalam stok yang masih ada. Untuk mengetahuinya dikira-kira saja berapa jumlahnya, itulah keuntungannya.

5. Kemudian dikurangi dengan biaya transportasi, biaya listrik, biaya keamanan dan kebersihan, sewa warung (walau dibuat di rumah, dibuat seolah-olah ada biaya sewa supaya keuntungan nampak realitis), dan biaya terkait dengan operasional warung lainnya.

6. Jumlah akhir adalah keuntungan bersih.

7. Jika bisa dikelompokkan jenis-jenis barangnya, lebih bagus supaya bisa diketahui berapa keuntungan setiap kelompok barang-barang tersebut. Bisa juga dengan sistem pukul rata, misalnya kira-kira 10% dari setiap uang yang masuk setiap harinya adalah margin keuntungan penjualan (keuntungan kasar).

8. Mohon diingat agar kebutuhan pribadi keluarga harus dicatat jika diambil dari hasil penjualan sehingga dapat diketahui apakah ini penyebab defisit bisnis Bapak. Menurut pemahaman kami dari pertanyaan yang dikirim, kalau selama ini Bapak merasa penjualan cukup laris namun defisit, kemungkinan ada hasil penjualan warung yang tidak dipisahkan dengan kebutuhan keluarga atau belanja pribadi sehingga Bapak kesulitan menghitung keuntungannya. Wallahu’alam.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Sakinah Finance

Sumber: https://www.islampos.com/apa-manfaat-pencatatan-cash-flow-149977/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s