Pekerja Domestik Di UK Ikut Pelatihan Keuangan Syariah

Image

London, 16 Februari 2014 – Perkumpulan pekerja domestik Indonesia di UK (Induk ) mengikuti pelatihan ke

uangan syariah yang disampaikan penulis buku Sakinah Finance , Luqyan Tamanni dan Murniati Mukhlisin, bertempat di kantor KBRI London, baru baru ini.

Pelatihan keuangan syariah yang diikuti oleh para pekerja domestik yang ada di London difasilitasi oleh KBRI London mendapat sambutan yang luar biasa dari pekerja domestik dari Indonesia, ujar PhD Student in Accounting University of Glasgow Scotland, United Kingdom Murniati Mukhlisin kepada Antara London, Rabu.

Ketua Induk, Yani Panasaran menyatakan banyak manfaat yang dirasakan anggota Induk dengan adanya pelatihan yang diikuti dengan praktek. “Banyak ilmu yang kami peroleh khususnya dalam mengelola keuangan secara syariah,” ujar Yani .

Sementara itu Wandi Syamsu, dari Bagian konsulat KBRI London mengakui bahwa KBRI mengasilitasi pelatihan untuk anggota Induk sebagai bentuk pelayanan kemasyarakatan yang diberikan bukan hanya konsultasi tetapi juga pencerahan dengan mengundang narasumber yang berkompentensi di bidangnya.

Kali ini acara yang diadakan bertujuan untuk menambah wawasan dan kesadaran akan pentingnya manajemen keuangan keluarga supaya para pekerja ini semakin dapat memperbaiki taraf hidup dirinya sendiri maupun keluarga di Indonesia.

Dalam paparannya Murniati menyampaikan bahwa terdapat sekitar 800,000 pekerja Indonesia yang bekerja keluar negeri setiap tahunnya dengan devisa masuk ke Indonesia tahun 2012 diperkirakan mencapai Rp 5 triliun.

Dikatakannya ke depannya para pekerja diharapkan dapat lebih baik mengatur dana yang dikirim ke keluarga di kampung bukan hanya habis dikonsumsi tapi juga dapat disisihkan sebagai investasi untuk masa depan, baik untuk pendidikan anak, naik haji, dan usaha yang akan dimulai kelak jika pulang ke kampung.

Menurut Murniati, Instansi keuangan syariah saat ini sudah menawarkan produk investasi beragam mulai dari deposito syariah, asuransi pendidikan syariah, tabungan haji, logam mulia, saham syariah dan lain – lain yang dapat menjadi pilihan nyaman syariah keluarga Indonesia. (ZG)

(T.H-ZG/B/A. Lazuardi/A. Lazuardi) 19-02-2014 22:38:34

Sumber: http://www.iyaa.com/finance/berita/umum/3141554_2115.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s