Why, How, What is Sakinah Finance?

SF evolution

Buku Sakinah Finance – dari impian sampai menjadi kenyataan

Kenapa Sakinah Finance? Kenapa harus sibuk ngurusin ketentraman finansial keluarga? Pertanyaan ini sering ditanyakan dan rasanya belum sempat disinggung secara mendalam dalam tulisan-tulisan terdahulu, atau dalam buku Sakinah Finance sendiri.

Pertanyaan ini bisa kami jawab dengan mengajak pembaca memahami keyakinan kami. Dari berbagai interaksi dengan berbagai ragam keluarga Indonesia, kami semakin percaya bahwa kecerdasan finansial merupakan pertahanan diri yang paling ampuh dalam menghadapi apapun persoalan keuangan pribadi, keluarga, komunitas, atau bahkan negara. Krisis ekomomi global tidak lagi bisa kita hindari, dengan semakin terbukanya perekonomian dan sektor ekonomi Indonesia.

Oleh karenanya, kami percaya melek finansial (financial literacy) dan kecerdasan finansial (financial quotient) merupakan kunci menuju keluarga Indonesia yang selalu siaga terhadap badai krisis ekonomi, tahan terhadap gempuran konsumerisme, serta siap menghadapi godaan hutang dan riba. Ini tidak hanya berlaku buat keluarga di kota-kota besar, namun untuk semua keluarga di seluruh Indonesia. Liberalisasi sektor keuangan dan perdagangan menjadikan keluarga-keluarga di daerah pedesaan dan terpencil semakin rentan dan tidak berdaya dengan konsumerisme dan gaya hidup konsumtif. Pendidikan keuangan adalah salah satu tameng yang harus diberikan kepada semua keluarga Indonesia.

Bagaimana kita mampu melaksanakan semua lagkah besar ini? Tentu saja semua rencana harus dimulai dengan langkah terkecil. Yang sudah kami lakukan adalah dengan menulis dan menerbitkan buku sederhana untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa manajemen keuangan keluarga itu mudah dilaksanakan. Tidak ada yang harus ditakuti dengan angka dan akuntansi. Tidak ada ruginya belajar mencatat dan membuat anggaran. Dan tidak ada sesalnya menuliskan berbagai impian dan menyusun langkah meraihnya.

Buktinya kami telah melaksanakan langkah-langkah sederhana dalam merapikan keuangan rumah tangga, meskipun tanpa ilmu formal atau bantuan perencana keuangan profesional.

Dan dengan kesadaran yang semakin tinggi inilah kami yakin keluarga Indonesia akan kembali menemukan jati diri, membangun harga diri sebagai keluarga yang mandiri, tidak bergantung dengan hutang atau uluran tangan orang lain. Impian kami tidak muluk-muluk; kami ingin menyemangati sebanyak mungkin keluarga Indonesia untuk lebih disiplin dengan pengeluaran, menyusun prioritas yang terbaik untuk rencana belanja, dan lebih jeli dalam mengelola semua aspek keuangan dalam keluarga. Dengan demikian, paling tidak kita sudah memulai langkah kecil dan terukur untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang bermartabat dan mandiri secara finansial.

Kalau ini juga merupakan impian Anda dan keluarga, rasanya kita sudah satu hati dan saatnya bersama-sama mengajak yang lain untuk semakin cerdas dalam mengatur uang dan keuangan. Bismillah!***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s