Konsultasi #3; Mulai Bisnis Syariah

Ini pertanyaan yang disampaikan pembaca SakinaFinance dalam post kami terdahulu.

Assalamu’alaikum.Saya seorang pekerja salah satu BUMN yang telah bekerja selama 20 tahun dan sampai saat ini hanya hidup dari gaji bulanan. Saat ini saya ingin sekali memulai bisnis tetapi belum tahu harus mulai dari mana. Saya coba memberanikan diri mengambil Kios ukuran 2.5 x 6 meter di Gateway Apartement beserta satu apartement type studio (23 m2) Bandung, yang saat ini masih tahap pembangunan dan akan selesai pada bulan Oktober 2012.Sampai saat ini yang terpikirkan oleh saya baru bisnis laundry dan mini market pada kios dan apartement rencana akan saya sewakan. Kira2 bisnis apa yang sebaiknya saya jalankan sesuai dengan syariah islam. Kalau ada bukunya tolong diinfokan, saya ingin sekali bisnis ini dapat menambah penghasilan terutama saat saya pensiun nanti sesuai dengan syariah Islam.

Bapak I

Yth. Bapak I

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Terima kasih atas pertanyaannya, maaf atas keterlambatan jawaban ini.

Alhamdulillah Bapak sudah jauh memikirkan masa depan dengan perencanaan tentang penggunaan investasi yang sedang Bapak jalankan. Semoga sebelum di penghujung tahun ini, bisnis Bapak sudah dapat beroperasi.

Cara berbisnis secara syariah Islam insyaAllah akan menjadikan bisnis Bapak menjadi berkah. Untuk itu, perlu dibuat perencanaan bagaimana supaya bisnis Bapak tetap berada di dalam koridor syariah. Rasulullah SAW telah menghabiskan sebagian usianya yaitu kurang lebih 25 tahun dalam berbisnis. Beliau mencontohkan bagaimana membangun jiwa entrepreneurship, bagaiamana strategi memulai bisnis dengan minim modal dan bagaimana membangun kepercayaan para investor dan mitra usaha. Beliau pandai memilih komoditi yang laku di pasaran dan sudah menjelajahi semua pasar pasar regional jazirah arab untuk mengetahuinya.

Ketika beliau diangkat menjadi Nabi, beliau menetapkan kebijakan ekonomi politik yang mampu menopang lahir dan berkembangnya suatu peradaban baru. Beliau membangun baitul mal (atau bahasa kerennya sekarang adalah Federal Reserve). Beiau mengadopsi mata uang anti inflasi (Islamic Gold DInar). Di tengah – tengah itu, beliau mengajarkan ummatnya untuk hidup kaya dan taqwa, zuhud dalam keberlimpahan, mandiri serta memberdayakan sesama.

Tiada hentinya juga, beliau mengingatkan ummatnya untuk selalu berorientasi pada rezeki yang halal dan menjauhi yang haram. Dalam haditnya, beliau bersabda: “Mencari rezeki yang halal adalah kewajiban setelah kewajiban melaksanakan fardhu fardhu lainnya” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul iman No. 1191, Hadis ini shahih dalam As Silsilah As Shahihah No. 2607). 
Rasulullah SAW menegaskan bahwa kesuksesan hanya akan diperoleh jika kita ikhlas, sungguh sungguh bekerja keras serta berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan hasil terbaik dalam semua bidang yang kita geluti. Atau apa yang ia namakan dengan konsep Al Itqan. “Sesungguhnya Allah sangat senang dengan seorang hamba yang melakukan suatu tugas secara itqan” (HR. AL Baihaqi dalam Syu’abul iman No. 5080. Konsep itqan berarti melakukan sesuatu hal dengan kualitas yang sebaik mungkin.

Secara ringkas, sekedar mengingatkan ketika memulai bisnis Bapak nanti, pastikan transaksi bisnis menggunakan bank syariah, asuransi yang digunakan adalah asuransi syariah, karyawan yang bekerja memakai pakaian yang menutup aurat, semua manajemen dan karyawan menjaga hubungan antara muhrim dan non-muhrim, diadakan pengajian rutin di tempat bekerja dan barang serta jasa yang dijual tidak mengandung riba, gharar dan maysir atau dapat dipastikan halal, baik dan tidak mubadzir.

Adapun buku yang dapat disarankan adalah Ensiklopedia Rasulullah SAW “The Super Leader Super Manager” yang dapat dipesan melalui Tim Tazkia Book Network, Jakarta. Volume 2 bertajuk “Bisnis dan Kewirausahaan” adalah sangat cocok untuk pegangan dalam berbisnis secara syariah Islam.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Murniati Mukhlisin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s