Konsultasi # 16 – Investasi Apa Yang Cocok?

Kepada Yth.

Ibu Murniati

Assalamualaikum wr.wb.

Saya pemain band dan saya ingin berinvestasi untuk masa depan dari hasil royalti band saya. Kira-kira saya akan mendapatkan minimal 240jt rupiah, pendapatan perbulan tidak tentu tapi untuk sekarang perbulan minimal 1jt. Investasi apa yg tepat untuk saya lakukan karena saya rasa saya tidak akan terus di dunia musik. Saya juga sudah berumah tangga, anak satu, & istri sedang mengandung anak kedua. Saya juga belum memiliki rumah sendiri. Terima kasih.

Putra di Bogor

Wa’alaikumussalam wr.wb.

Kalau boleh saya simpulkan tujuan Bapak jangka pendek dan panjang adalah memiliki rumah, mencari alternatif pekerjaan/usaha dan persiapan kelahiran bayi.

Dari dana royalti yang akan diterima, pertama keluarkan zakat/infaqnya. Setelah itu, dibagi ke semua tujuan tadi, namun utamakan investasi usaha misalnya usaha membuka kelas musik, menjual alat musik atau bidang yang Bapak suka dan ada keahliannya mengingat Bapak di masa ke depan tidak mungkin bermain musik terus menerus. Buat perhitungan terlebih dahulu, hitung biaya sewa tempat, izin, peralatan dll. Ajak teman yang dipercayai untuk bermitra dalam peleburan dana untuk investasi tersebut.

Kemudian sisihkan dana untuk kelahiran bayi (sejumlah biaya yang diperlukan dan jaga – jaga jika harus melalui proses operasi), jika belum ada, beli premi asuransi syariah untuk pendidikan anak, asuransi syariah untuk kesehatan dan mulai menabung di program DPLK di bank syariah untuk persiapan pensiun. Mulai dari premi yang rendah dahulu.

Dari dana royalti tersebut, sebagian digunakan untuk membeli rumah secara tunai/cicilan. Selanjutnya usaha yang dijalankan diharapkan dapat dituai hasilnya untuk memastikan pembayaran cicilan selanjutnya. Jangan lupa diskusi dengan istri untuk mematangkan rencana – rencana Bapak.

Yang perlu diingat ketika menerima pendapatan yang lebih tinggi dari biasa adalah perubahan gaya hidup. Kunci keberhasilan dalam perencanaan keuangan adalah mempertahankan standar hidup sederhana. Ketika pada masa banyak rezeki, standar hidup tidak boleh menjadi lebih tinggi dari yang biasanya.

Rasulullah mengingatkan “Rebutlah lima perkara sebelum datang lima perkara lain, yaitu masa muda sebelum tua, masa sehat sebelum sakit, masa kaya  sebelum miskin, masa lapang sebelum sibuk, dan masa hidup sebelum kematian.”(Hadith Riwayat Muslim dan Tirmizi dari Amru bin Maimun r.a.). Wallahu’alam.

Leave a Reply

