Konsultasi #15 – Program Keuangan Keluarga Dhuafa

Kepada Yth.

Ibu Murniati,

Assalamualaikum wr.wb.

Saya lihat ada pinjaman kredit di kampung – kampung sekitar Bogor, katanya syariah apakah benar?

Ibu Imas, Bogor

Wa’alaikumussalam wr.wb.

Ada sebuah program pemberdayaan ekonomi untuk keluarga kurang mampu di sekitar Bogor, program itu dibuat perkelompok sekitar 4-5 orang dan dikumpulkan permajlis (sekitar 4-5 kelompok), anggotanya mayoritas perempuan. Dana yang diberikan digunakan sebagai modal usaha kecil/usaha di rumah dan menggunakan akad syariah.

Lembaga yang mengelolanya adalah lembaga keuangan mikro syariah yang berbadan hukum koperasi, sebagian dana yang dikelola adalah dana infaq atau donasi – donasi dari perorangan maupun lembaga. Tujuannya adalah untuk membantu pengentasan kemiskinan melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Untuk mengetahui apakah program sejenis itu syariah atau tidak, Ibu harus memeriksanya secara langsung, menanyakan kepada petugasnya bagaimana program itu dijalankan dan apakah ada izin operasional yang dimiliki lembaga tersebut. Tentunya Ketua RT atau RW setempat harus memberikan izin terlebih dahulu kepada lembaga itu untuk beroperasi di daerahnya.

Sebagai solusi masalah keuangan keluarga, program pemberdayaan yang dimaksud di atas sangat cocok untuk dijadikan sebuah alternatif. Sebagai ibu rumah tangga, sebagian para ibu dapat menggunakan masa lapangnya untuk membantu suami menambah keuangan keluarga. Dengan modal usaha, pembinaan dan pelatihan yang didapat, para ibu tersebut dapat memulai usaha – usaha kecil di rumah atau sambil menjalankan tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga.

Dana tersebut dapat juga digunakan oleh para suami sebagai modal usaha namun yang bertanggung jawab pengembaliannya tetap pada istri dan kelompoknya.

Kemiskinan, dalam pandangan Islam, adalah kondisi kehidupan ekonomi yang sesungguhnya tidak dikehendaki. Seorang sahabat Rasulullah, Ali bin Abi Thalib berkata “Seandainya Kemiskinan berwujud seorang manusia, niscaya aku akan membunuhnya.” Semoga program yang digambarkan di atas dapat memberikan solusi atas kemiskinan yang ada di sekitar kita. Wallahu’alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s