Konsultasi #9 – Simulasi Dana Pensiun Syariah

 

Kepada Yth.

Ibu Murniati,

Assalamualaikum wr.wb.

Yth Ibu Murniati,

Saya bekerja di salah satu perusahaan swasta di kawasan Bogor.  Usia saya saat ini sdh 47 tahun jadi 8 tahun lagi saya pensiun. Saat ini saya memiliki dana 20jt. Saya minta masukan kira-kira usaha apa yg baik untuk saya. Mohon saran. Thanks.

Basuni, Bogor

Kepada Yth.

Bapak Basuni di Bogor

Alhamdulillah Bapak sudah memikirkan keperluan masa pensiun kelak. Prinsip antipasi ini sejalan dengan seruan dalam QS Al-Hasyr (59:18). Saya coba memberikan beberapa pilihan: 1. Bapak insyaAllah masih bekerja 8 tahun dengan penghasilan tetap maka disarankan untuk dapat menyisihkan sebagian dari gaji bulanan yang diterima.

Bapak dapat memilih skema Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) di Bank Syariah dengan porsi semaksimal mungkin, misalnya 20% dari gaji kotor. Adapun dana Rp.20 juta itu juga ikut dimasukkan ke dalam program DPLK. Bapak bisa melakukan simulasi (cari di internet: simulasi+dplk+bank syariah) untuk melihat hasilnya 8 tahun kemudian ketika sudah menginjak masa pensiun. Jangan lupa ikut program asuransi DPLK dan bayar zakat mal setiap tahun dari saldo yang ada.

Setelah memasuki masa pensiun, Bapak bisa pindahkan dananya ke deposito mudharabah di mana Bapak dapat menerima dana bagi hasil bulanan. Yang paling penting bagi pensiunan adalah tetap mendapatkan penghasilan setiap bulannya tentunya dengan tetap beraktifitas produktif. Berapa besar dana pensiun yang akan tersedia kelak adalah tergantung berapa yang Bapak ingin sisihkan sekarang.

2. Menyisihkan dana DPLK sebagian atau semuanya untuk kegiatan bisnis ketika memasuki masa pensiun. Untuk mencari bisnis apa yang tepat adalah dengan cara menganalisa satu persatu dari sekarang contoh: buka warung klontongan di rumah, membeli beberapa unit motor untuk dijadikan ojeg, menjual makanan oleh – oleh khas Bogor dll. Namun perlu dicermati apakah Bapak punya minat jadi bukan ikut – ikutan dan jika harus mencari mitra, perlu ditanya ke beberapa orang apakah dia sudah berpengalaman dan terbukti amanah. Ada beberapa bengkal wirausaha yang dapat diikuti di Kota Bogor untuk memberikan wawasan bagi Bapak tentang wirausaha.

Ketika menjalankan bisnis, marilah kita ingat akan sebuah hadith mengenai kunci sukses dalam berbisnis. Dari jabin Bin Abdillah ra, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Allah SWT akan memberikan rahmat kepada seseorang yang mempermudah (orang lain) ketika menjual, mempermudah (orang lain) ketika membeli dan mempermudah ketika menagih hutang.  Wallahu’alam bissawaf.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s