Konsultasi #8 – Perencanaan Dana Pendidikan Anak

 

Kepada Yth.

Ibu Murniati,

Assalamu’alaikum wr.wb. Saya baru saja menjual sebidang tanah di Bogor senilai Rp.200 juta dengan tujuan untuk membiayai putra saya kuliah tingkat sarjana S1. Tetapi saya tidak mau memberikannya secara langsung. Anak saya butuh Rp.15 juta untuk membayar uang pangkal dan Rp.3 juta setiap semester untuk membayar uang SPP. Setiap bulan dia memerlukan dana kira – kira Rp.1 juta untuk biaya hidup dengan menyewa rumah bersama teman – temannya di dekat kampus. Bagaimana saya dapat mengatur keuangan saya?

Rudi, Sukabumi

Yth. Bapak Rudi di Sukabumi

Wa’alaikumussalam wr.wb.

Alhamdulillah bapak sudah mempersiapkan dana pendidikan untuk anak dalam investasi tanah yang sudah berhasil bapak jual ketika dibutuhkan. Jangan lupa untuk membayar zakat hasil investasi yaitu 2.5% dari dana hasil penjualan. Supaya dana tersebut tidak habis, maka sebaiknya dikeluarkan hanya ketika dibutuhkan. Setelah saya hitung, anak bapak akan memerlukan dana pendidikan sebesar Rp.39 juta (Rp.15 juta uang pangkal dan Rp.3 juta SPP x 8 semester) dan memerlukan dana untuk sehari – hari sebesar Rp.48 juta (Rp.1 juta x 48 bulan). Total Rp. 87 juta. Bapak masih punya dana sisa Rp.113 juta.

Kalau boleh saya sarankan, bapak bisa investasikan dananya di bank syariah dalam bentuk Deposito Mudharabah atau Sukuk Retail dalam masa 4 tahun dengan pecahan Rp.100juta dengan bagi hasil kira-kira Rp.500 ribu per bulan, ditambah Deposito Mudharabah 1 tahun ARO (Automatic Roll Over) dengan pecahan Rp.50 juta yang akan memberikan bagi hasil kira – kira Rp.250 ribu per bulan, ditambah Deposito Mudharabah 1 tahun Rp.30 juta masing – masing dengan pecahan Rp.10 juta yang akan memberikan bagi hasil kira – kira Rp.50 ribu per bulan x 3 lembar = Rp. 150.000.  Bagi hasil ini bisa diminta ditransfer langsung ke rekening pribadi putra bapak untuk biaya hidupnya, yang akan diterima sebesar Rp.900 ribu perbulan. Sedangkan sisa dana Rp.20 juta, bapak bayarkan uang pangkal Rp. 15 juta dan biaya SPP semester I Rp.3 juta, sisanya Rp.2 juta bapak simpan dalam tabungan putra bapak sebagai dana untuk menutup kekurangan biaya hidup tadi, asuransi kesehatan dan kecelakaan jika belum ada dan dana emergency, jangan lupa meminta putra bapak untuk mengaturnya.

Pada tahun selanjutnya bapak bisa mencairkan 1 lembar deposito senilai Rp.10 juta untuk kebutuhan Semester 2. Bapak bisa menginvestasikan sisanya lagi dalam bentuk deposito atau meminta putra bapak untuk mengaturnya dalam rekening bank yang dia miliki. Setelah putra bapak lulus, bapak masih punya dana sebesar Rp.150 juta. Dari hitungan sebelumnya, bapak sebenarnya hanya akan punya sisa dana sebesar Rp.113 juta. Mengapa sisanya kemudian lebih besar sekitar Rp.37 juta? Inilah kelebihan orang yang dapat mengatur keuangan. Tentunya banyak bentuk alternatif investasi lainnya, misalnya dengan berbisnis namun bapak harus memastikan ada orang yang dapat dipercayai (amanah) atau sudah ahli di bidangnya. Mengenai amanah, Allah berfirman dalam QS An-Nisa 58: “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu untuk memberikan amanah kepada ahlinya.” Juga menghitung terlebih dahulu ROI (Return of Investment) apakah dapat memberikan hasil yang lebih baik daripada diinvestasikan di lembaga keuangan syariah. Semoga alternatif ini bermanfaat untuk keputusan bapak. Selamat mencoba!

 

2 thoughts on “Konsultasi #8 – Perencanaan Dana Pendidikan Anak

  1. askm.saya seorang karyawan di salah satu perkebunan swasta dgn gaji 3,5 jt perbulan.saya memiliki 1 istri dan 2 org anak.bagi saya gaji sya saat ini sudah lebih dr cukup utk kebutuhan keluarga.namun saya punya tanggungan adik2 di kampung yang masih sekolah.namun sy sering tidak pandai mengelola keuangan sehingga terkadang uang sudah habis sebelum gajian berikutnya.mohon solusinya.

    • Wassalamu’alaikum wr.wb., Bapak Abulhafizh, terima kasih sudah singgah di blog kami. Untuk pertanyaan Bapak, sudah kami reply di post terbaru kami. Silahkan di comment kembali kalau ada pertanyaan atau pengalaman lain untuk dishare dengan kami. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s