Menabung – Bank Syariah atau Konvensioal?

Jawabannya pasti yang Syariah dong!

Apa alasan yang menyebabkan pilihan Anda ke Syariah masih mengganjal? Saya fikir alasan-alasan nya tidak akan jauh dari beberapa aspek berikut:

  • Kenyamanan – Bank lain dekat dengan kantor, rumah, ATM nya banyak, gaji dari kantor, dst.
  • Fasilitas nya banyak – Internet banking, SMS, Phone, transfer, etc.
  • Ada undian berhadiah – apa iya?
  • Bunga (yang lumayan) – hmmm…masih ada? dengan inflasi Indonesia hampir 10%?
  • dll.

Kalau boleh saya sampaikan, hampir semua kelebihan yang menjadi penyebab Anda membuka tabungan di bank (konvensional) juga sudah tersedia di bank syariah. Nggak percaya?

Mari kita lihat fitur yang ditawarkan oleh hampir semua bank syariah:

  • ATM – Bank Muamalat bisa pakai ATM BCA secara bebas biaya; BSM co-sharing dengan ATM Mandiri; dan Unit Usaha Syariah BNI, BRI, Niaga, atau Danamon – ATM nya bisa memakai bank ATM induknya
  • Jaringan kantor – dengan peraturan BI yang membolehkan produk syariah ditawarkan di cabang non-syariah (office channeling), praktis jaringan palayanan produk perbankan syariah semakin luas (terlepas dari masih ada yang mempersoalkan ‘kesyariahan’ kebijakan ini)
  • Phone atau Internet Banking – saya sudah hampir dua tahun mempergunakan fasilitas ini dari Bank Muamalat dan BNI Syariah, dan Alhamdulillah selama ini tidak ada masalah yang berarti.
  • Fasilitas Belanja – semua ATM produk bank syariah sudah menawarkan fasilitas Debit (baik MasterCard, Visa Electron atau Debit BCA)

Namun, kalau yang diinginkan adalah undian berhadiah mobil atau rumah atau bunga, pasti nggak akan ada. Tapi apakah itu sebab Anda menabung?

Namun kalau memang hadiah yang menjadi motivasi Anda, setidaknya ada Bank Muamalat yang menawarkan hadiah Umroh untuk produk Shar-e nya. Saya sendiri kurang setuju dengan program hadiah ini, namun barangkali itulah realitas dan preferensi masyarakat kita sekarang. Dan bank mungkin tidak bisa memikirkan cara lain untuk mensiasati pasar yang masih belum sepenuhnya terdidik ini.

Untuk return bagi hasil atau hibah-nya, rata-rata semua produk simpanan bank syariah sudah cukup kompetitif dengan bunga konvensional. Namun saya yakin tidak banyak sebenarnya nasabah yang mengharapkan imbalan dari tabungannya. Dalam perbankan modern, tabungan lebih sebagai alat pembayaran dan transaksi yang nyaman serta mudah. Dan ini semua tersedia di produk-produk perbankan syariah.

Jadi segera ke bank yang ada logo IB (Islamic Banking) ini:

 

Anda punya pandangan lain?

2 thoughts on “Menabung – Bank Syariah atau Konvensioal?

  1. oh…jdi bank syariah mandiri alias bsm bisa debit jga ya…
    makasih ya, tadix ragu2 bsm ada debitx ato gak,hehe… ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s