Liburan 250 Rupiah?

Bagaimana dengan liburan Anda semua? Kita akan menginjak minggu ke-2 liburan panjang ini, masih bingung menentukan pilihan? Atau Anda masih belum mendapat izin cuti dari kantor? Mudah-mudahan Anda secepatnya bisa menemani buah hati Anda berlibur. 

Saya tertarik dengan survey yang diadakan oleh sebuah harian ibukota baru – baru ini. Koran ini mewancarai secara random 20 anak muda di jalan raya mengenai jumlah museum di Jakarta dan apakah mereka pernah mengunjunginya. Surprisingly, tidak ada satupun yang berhasil menjawab dengan tepat jumlah museum tersebut dan hanya sedikit sekali yang pernah mengunjunginya dan tahu dengan betul namanya.

Dan pada hari ini, di Harian Kompas ada sebuah artikel keluarga mengenai “Liburan 250 Rupiah”. Artikel ini mengajak kita yang prihatin dengan kenaikan BBM yang mengakibatkan naiknya harga kebutuhan pokok dan menurunkan purchasing power keluarga.

Nah, untuk mensiasati kesulitan ini, dan tetap bisa menikmati liburan artikel ini mengupas biaya masuk museum yang super murah. Seperti yang kita ketahui bahwa tiket masuk museum dan tempat bersejarah umumnya sangat murah. Di Museum Nasional Jakarta, misalnya, karcis masuknya hanya Rp. 750,- untuk umum dan Rp.250,- untuk pelajar.

Di samping prihatin dengan purchasing power yang semakin menurun, mengunjungi museum juga memberikan nilai baru bagi anak-anak. Kita seharusnya cukup prihatin dengan kecintaan anak-anak kita terhadap sejarah bangsa dan negara ini. Apakah museum hanya wajar dikunjungi oleh turis manca negara saja? Apakah Shopping Mall sudah menjadi pengganti Museum yang wajib dikunjungi oleh kita sekeluarga?

Siapa bilang Museum tidak asyik?

Sekolah anak kami, SDIT Fajar Hidayah baru-baru mengadakan kunjungan ke Museum Zoologi di samping Kebun Raya Bogor, dan Layyin adalah salah satu murid yang wajib pergi. Kami sedang mencari waktu yang tepat di liburan ini untuk sekeluarga pergi ke sana karena sepulangnya Layyin dari kunjungan tersebut, tak henti – hentinya dia mempromosikan dan menceritakan isi Museum kepada kami.

Dia masih tidak terima penjelasan saya ketika dia bertanya mengapa tidak boleh memotret jika berada di dalam museum. Karena tanpa foto, dia tidak bisa banyak bercerita. Maka dari itu, dia berkali – kali mengajak kami sekeluarga ke sana. Ehmmm, it’s already included in the budget this second week.

Selain itu, ada juga beberapa museum yang menawarkan pengalaman kreatif seperti Museum Tekstil di Jalan Aipda KS Tubun yang menawarkan kursus membatik. Ada biaya tambahan untuk itu, satu paket kursus membatik Rp. 200.000. Tapi untuk kursus singkat seperti saputangan, dikenakan biaya Rp. 35.000 untuk pengunjung lokal dan Rp. 75.000 untuk turis asing. Wah asyik juga kursus membatik, bisa jadi peluang usaha buat anak-anak di rumah.

Museum Fatahillah juga menarik untuk dikunjungi, ada 23.500 koleksi benda bersejarah disana. Antara lain ada meriam Si Jagur, pembatas ruang, patung Hermes, pedang eksekusi tahanan zaman VOC dan lukisan Gubernur Jenderal VOC Hindia Belanda dari 1602 hingga 1942. Asyik untuk keluarga yang punya anak-anak SMP, SMA apalagi anak laki-laki yang umumnya suka perang-perangan.

Untuk mengetahui alamat lengkap museum – museum di Jakarta, bisa dijumpai di www.budayajakarta.com.

Selain museum, ada ide yang tak kalah menarik yaitu mengunjungi mesjid-mesjid yang megah dan cantik diseputar Jabodetabek.

Mesjid Kubah Emas di Depok yang fenomenal layak dikunjungi, minimal shalat jamaah satu waktu disana akan menimbulkan kebanggaan kita sebagai Muslim. Kemudian Mesjid Istiqlal yang menjadi Mesjid Resmi Negara di Jakarta Pusat, Mesjid Jami’ Kampung Baru di Jalan Bandengan Selatan – yang konon katanya punya mimbar paling indah, Mesjid At-Tin di TMII yang mempunyai kenangan sendiri terhadap Ibu Negara Tien Soeharto (almarhumah), atau Mesjid Raya Pondok Indah di Pondok Indah.

Yang paling asyik adalah masuk mesjid ini tidak perlu bayar sama sekali tetapi jika lihat Kotak Amal, jangan pikir dua kali untuk memasukkan uang sedekah kita. Coba yuk…** – (Mu Kim Ni/Anik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s