Liburan menyenangkan dan hemat

Musim libur sekolah sudah tiba, berbagai kegiatan dilakukan oleh keluarga untuk merayakan kebersamaan selama anak-anak libur dari semua kegiatan di sekolah.

Salah satu aktivitas liburan yang paling umum dilakukan adalah jalan-jalan ke tempat wisata, ke luar kota atau luar negeri. Untuk masyarakat ibukota, Bali, Manado, Bandung, Puncak, Solo atau Jogja merupakan daerah tujuan liburan favorit. Sementara masyarakat daerah lain mungkin punya tempat favorit tersendiri.

Namun dengan semua euphoria liburan ini, apakah kita kemudian larut dalam sensasi pengeluaran atau belanja yang berlebihan; ataukah terjebak dalam kondisi liburan yang cenderung membuat anggaran membengkak?! Godaan untuk mencoba tempat-tempat baru, membeli suvenir, atau – mumpung di Bali – jadi harus ke restoran Rusia yang baru dibuka, atau harus memborong Joger.

Ada nggak sih liburan di tempat eksotik tapi tetap murah?

Jawabannya adalah ‘ada’. Dan semestinya memang selalu ada jalan untuk tetap enjoy dan berlibur tanpa mengorbankan atau menghabiskan biaya yg besar.

Buku baru karya Marina Silvia K berjudul “Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1000 Dollar-Melalui Jalur Pertemanan” , mungkin bisa memberikan inspirasi tentang liburan yang menyenangkan tapi dengan biaya yang unbelievable. Saya berkesempatan mendengarkan interview Marina dengan Delta FM dalam perjalanan dari Bandara Soekarno Hatta ke Bogor, dan ingin segera memiliki buku unik ini. Dalam kesempatan lain, saya akan coba bahas dan kupas tips-tips yang ada dalam buku Marina tersebut.

Namun untuk mengisi liburan sekolah tahun ini, Anda sekeluarga mungkin tidak akan ke Eropa selama 6 bulan. Barangkali Anda sudah atau sedang merencanakan acara liburan di dalam negeri, didalam kota atau rencana-rencana lain. Apalagi tahun ini merupakan tahun Visit Indonesia Year. Nah untuk Anda, ada beberapa saran dan pengalaman yang mungkin bisa berguna dalam memanfaatkan liburan panjang ini.

Pertama – Rencanakan liburan Anda minimal sebulan sebelumnya.

Berlibur haruslah ketempat dan dalam waktu yang sudah direncanakan minimal sebulan sebelumnya – artinya sudah ketahuan penginapannya, alat transportasi yang akan dipakai disana, dan tiket berangkat-pulangnya sudah ditangan. Ini untuk destinasi dalam negeri, untuk ke luar negeri, perencanaan 6 bulan dimuka sangat disarankan. Malah untuk ke Eropa atau Amerika, setahun sebelumnya sudah harus direncanakan dengan matang.

Namun, jika Anda belum membuat rencana apapun atau Anda masih akan merencanakan liburan untuk seminggu-dua minggu kedepan, maka lebih baik liburan (keluar kota) diurungkan saja. 

Ini barangkali saran paling tidak mengenakkan, tapi sangat realistis. Selain harga tiket-tiket yang sudah diluar jangkauan akal sehat, Anda juga akan kesulitan mencari penginapan selama ditempat liburan. Bal, Bandung, Jogja dan tempat-tempat lain pasti sedang mengalami peak season habis-habisan, dimana semua harga tiba-tiba menjadi sangat mahal.

Kedua – Liburan dalam kota lebih murah dan tidak kalah menyenangkan

Di dalam kota sendiri sangat banyak tempat-tempat yang bisa Anda kunjungi dengan keluarga. Bagi warga Jabodetabek, masih ada Mekarsari, Taman Mini, Ancol, Cibubur, Ragunan, atau mungkin sekitar Puncak seperti Ciawi, Kebun Raya, Sukabumi, dan seterusnya. Untuk warga Surabaya, Taman Safari, Malang atau Batu masih dalam jangkauan meskipun sudah sedikit di luar kota.

Mengunjungi tempat-tempat ini mempunyai banyak kelebihan dan juga kekurangannya. Selain lebih murah, juga banyak alternatif yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan anggaran yang tersedia. Namun disisi lain, tempat-tempat ini mungkin sudah pernah dikunjungi sebelumnya, sehingga bisa membosankan bagi Anda dan anak-anak.

Nah untuk mensiasatinya, dan untuk tetap bisa menikmati liburan dalam kota, ada beberapa tips yang mungkin bisa dipakai.

  • Ajaklah anak-anak dan seluruh anggota keluarga lainnya memilih bersama-sama jenis aktivitas dan tempat liburan yang ingin dituju. Ini untuk menimbulkan rasa keakraban dan fun juga.
  • Carilah suasana baru di tempat yang pernah dikunjungi. Kalau selama ini Anda ke puncak hanya tinggal di villa, sekarang cobalah tinggal di kawasan perkampungan dan ajak anak-anak melakukan aktivitas di sawah atau empang. Untuk itu mungkin Anda harus cepat kenal dengan warga di situ dan bisa segera membaur.
  • Untuk suasana desa tapi harus membayar, ada beberapa tempat yang bisa dicoba. Diantaranya adalah Kebun Wisata Pasirmukti di Citeureup; Kampung Wisata Cinangneng, Ciampea, Bogor (setelah Kampus IPB Darmaga); atau Desa Gumati di Sentul (Selatan).
  • Kegiatan liburan yang dilakukan sekolah atau organisasi sosial seperti outbond, pesantren kilat atau bakti sosial membantu keluarga miskin dan anak yatim, mungkin juga perlu dicoba. Anak saya akan mengikuti pesantren kilat selama empat hari selama liburan, dan dia sangat excited dengan kegiatan ini. Selain karena hal ini baru baginya, juga beberapa teman baiknya juga akan ikut.

Ketiga – Menyambung silaturrahim juga bisa menjadi aktivitas liburan yang bermanfaat.

Mengunjungi keluarga, sahabat atau kenalan lama sepanjang liburan juga mengasikkan. Apalagi kita yang tinggal di Jakarta (dan sekitarnya) yang setiap hari selalu disibukkan dengan pekerjaan, sekarang mungkin waktu yang tepat untuk mengunjungi mereka sekaligus memperkenalkan anak-anak dengan saudara-saudaranya, atau teman-teman baru dari anak-anak kenalan kita.

Saya sendiri, kalau dihitung-hitung, mempunyai belasan keluarga dekat yang selama ini tidak pernah atau sudah lama tidak dikunjungi, padahal sama-sama tinggal di Jabodetabek. Belum lagi kawan lama, sahabat karib atau kawan-kawan kantor yang rumahnya belum pernah dikunjungi. Saya yakin ini kesempatan yang bagus untuk kembali menjalin hubungan kekeluargaan yang lama terputus. Selain dianjurkan dan lebih hemat, memperbanyak silaturrahim juga membuka pintu-pintu rezeki yang baru.

Bagaimana dengan Anda? Apa yang akan Anda dan keluarga lakukan selama liburan panjang ini? Saya tunggu sharing Anda di kolom ‘comments’ dibawah.  

About these ads

One thought on “Liburan menyenangkan dan hemat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s